Bahaya Kekurangan Kalium

Posted: October 27, 2011 in Just Share
Tags: , , ,

Tulisan ini dimunculkan ke permukaan jagad raya ini gara-gara dapet berita dari temen semalem. Ada cewe umur 20 tahun yang meninggal gara-gara penyakit kekurangan kalium :(. Nah loh,apaan itu ya?Aku juga baru googling pagi ini buat cari tau siapa sih si Kalium itu?kok tega banget ampe bisa bikin orang meninggal, kenal juga kagak. Bak pepatah “Tak kenal maka tak sayang”, mending kita kenalan,biar si Kalium ini sayang,xixixi.. :D

Well,Kalium aka Potassium yang dalam ilmu kimia punya lambang K dan nomor atom 19 ini,
– merupakan mineral penting yang membantu ginjal berfungsi fisiologis
– elektrolit yang berperan sebagai listrik tubuh bersama dengan natrium, klorida dan magnesium
– berperan penting menjaga fungsi jantung, otot rangka dan kontraksi otot polos untuk fungsi pencernaan dan geraknya menjadi baik

Terlalu banyak kalium dalam tubuh dinamakan hiperkalemia, terlalu sedikit kalium tubuh disebut hipokalemia. Keseimbangan kalium tubuh dipengaruhi imbang natrium dan magnesium plasma. Misal kebanyakan natrium pada diet orang barat yang banyak konsumsi garam akan berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan kalium tubuh

Kadar kalium dalam darah orang normal 3,5-5 mEq/liter. Olahragawan membutuhkan asupan kalium lebih banyak karena banyak mengeluarkan keringat. Pengguna obat pencahar juga butuh asupan kalium lebih untuk menggantikan kalium yang keluar akibat proses diuretik. Sebaliknya, orang yang mempunyai penyakit diabetes dan gagal ginjal disarankan tidak mengasup kalium terlalu banyak. Ini karena tubuh mereka tidak dapat lagi secara normal memetabolisme mineral ini.

Ginjal juga mengeluarkan banyak kalium pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar kayu manis atau mengunyah tembakau. Kalium bisa hilang lewat air kemih karena beberapa alasan. Yang paling sering adalah akibat penggunaan obat diuretik yang menyebabkan ginjal membuang natrium, air, dan kalium dalam jumlah berlebihan.

Apa akibatnya kalo tubuh kita kekurangan Kalium?
Orang yang kekurangan potasium lebih berisiko terkena penyakit hipertensi, yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan stroke.
– Jika kadar kalium dibawah 3,0. Kerjanya tidur terus dan tampak damai.
– Jika kadar kalium dibawah 2,5. Sadar tetapi kondisi tubuh lemas dan malas.
– Jika kadar kalium dibawah 2,0. Kelihatan seperti gejala stroke ringan.
– Jika kadar kalium sudah sangat rendah bisa menyebabkan kematian.

Dimana kita bisa menemukan si Kalium ini?
Kalium ternyata banyak terdapat pada Kelapa Hijau dan Pisang. Dua buah ini memang terkenal banget dengan kegunaannya yang banyaaaaaak sekali. Gak nyangka diberi anugerah lagi dari Tuhan buat nyimpen ini Kalium yang banyak di dalamnya. Tapi masih banyak makanan lain juga yang mengandung Kalium,bisa dilihat disini

Semoga tulisan yang sedikit ini bisa membantu,setidaknya nambah-nambah pengetahuan.Yang baca jangan lupa tinggalin jejak yah.. :D

sumber :
sumber 1
sumber 2

tambahan dari agan yogastyo (copas dari commentnya :D)

Berobat juga percuma non hehe… Pernah masuk RS sehari dokternya bingung, bilang ane kurang gizi (Padahal kalo makan spt orang kalap wkwk). Sore datang RS ga bisa gerak (cuma mata doang yg aktif liat suster2 nya di UGD :D ); eh paginya udah bisa jalan (maklum, dapet infus 6 botol semalem). Buat info aja, 1 kali dalam sebulan rutin dapet hipokalium (kaya xxxx aja wkwk).
Cara paling mudah buat hipokalium normal sebenernya:
1. Makan pisang tiap hari minimal 3.
2. Minum air kelapa minimal 1 kali/minggu
3. Rajin olahraga max 15 menit untuk awalan, selanjutnya terserah.
4. Habis olahraga DILARANG KERAS DUDUK !!!! Pendinginan dengan setrika jalan saja (Bolak-balik ga jelas gpp :D )
5. Jangan tidur terlalu lama. (Maks 6-8 jam)

Sayang nya info diatas tidak bermanfaat karena trigger untuk hipokalium ane adalah DINGIN. Ada info ga niy soal hipokalium dengan pemicu udara dingin? Siapa tau agan agan ato jeng jeng di sini ada yang kena hipokalim ketika dingin.
Don’t waste your life. Maklum, ane udah pernah ngrasain kalium cm 1,85. Buat info tambahan + revisi posting nona manis aja, kadar hipokalim <2 rata-rata tinjau akhirat).

Terima kasih telah berbagi, semoga bermanfaat buat orang2 yang baca.. :D

Comments
    • mas gun says:

      saya bru mondok 8 hr gara gara kurang kalium. kaki tangan gak bisa digerakkan. maka bgi yang blm kalau tes darat minta test elektrolit darah. sya sdh test darah 2 kali blm ketemu kalau kurang kalium

  1. kevin... says:

    hei…kalium th kaum minoritas dalam golongan per-Gizian…tapi, g nyangka jg yuah bisa menjadi bahaya kl disepelekan…okeh, yg pntg tetap jaga kesehatan dan selalu makan dengan pola yang sehat…nice tipz…”owencute Was Here”

  2. ita says:

    wah sangat membantu nih infonya, berhubung ane jg termasuk org yg krisis kalium.. hoho :D

  3. nashwa says:

    bahaya tok pkoknya

  4. itu kan ada aq tulis apa yang akan terjadi kalo tubuh kita kekurangan kalium, bisa berakibat kematian juga…

  5. dewi says:

    Hr ini tgl 28 Maret 2013,tetanggaku meninggal akibat penyakit kekurangan kalium,sedih ngeliat’y…anak’y msh kecil…diapun msh berumur 30 thn…selamat jln sahabat…

    • innalillahi wa innailaihi rajiun…semoga amal ibadahnya d terima dan yg d tinggalkan tabah ya mbak… :)
      mungkin kita memang harus tau mengenai gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk menghindarkan kita dari penyakit2 yang jarang ditemui seperti ini..

  6. muni says:

    Istrinya tmn sdg menderita penyakit ini,tq postingannya jd tau deh apa n gimananya

  7. aya says:

    info yang bagus…..ga tahu apa yang saya rasakan saat ini, sakit apa?,..gejalanya sama seperti yang mas sebutkan,….belum priksa juga sih,,…kalau ini benar kurang kalium,mungkin kadar kalium saya sudah di bawaah 2.5

  8. frans agustinus says:

    thnx atas info nya

  9. kaza says:

    aya mau bertanya ,anak saya difonis kekuranga kalium semenjak di rawat, saya bingung posisi anak sy autis.semenjak habis di rawat belom kontrol lagi.sya memakai kartu gratis pemerintah .saya mau bertanya boleh tdk diurut dan bgm caranya supaya suka buahpisang dan kelapa ijo ,dan apa pengantinya selain itu. Padahal anak saya sering kambuh,dan skrg kurus skli padahal tadinya gemuk .

    • waduh mbak maaf saya bukan dokter…saya nggak punya cukup capability buat jawab pertanyaannya mbak..lebih baik mbak konsultasi langsung ke dokter ya mbak.. :)

    • Jefferson Chrieat says:

      guys gw jeff ane juga ngalamin kekurangan kalium sampe 1,6. tepat nya tgl 13 April 2014 gw masuk RS Eka Hospital di BSD selama 3hari, hari pertama di rawat ke HCU. awalnya gw bener2 lumpuh sampe gw di tandu sama bokap dan di bantu supir ambulance. singkat cerita setelah test darah emg bener kadar kalium nya drop sampe di 1,6 kata dokter yg akibatin kadar kalium hilang gara-gara thyroid atau gondok katanya itu yg membuat kalium terbuang. awal2 dapet serangan ini gw kaget bngt karena pas bangun tidur tiba2 gw udah ga bisa gerak alias lumpuh, krn ga ada orng di rumah ane tiduran, 1-2 jam tersadar dan balik normal cuma berasa pegel2 dikit. ini kejadian berulang sampe 6 atau 7 kali. gw sempet berobat ke fisioterapi tp malah ga ada efek sama sekali. nah ane mau nanya ni yg pernah ngalamin ini apa sering kambuh? seberapa sering? gejalanya apa? ane sendiri gejala di mulai dari kaki yg mulai pegel abis itu ke paha dan klo sampai buat tidur bangunnya pasti kambuh. jdi klo udah ngerasa pegel ane hajar pisang sama minuman isotonik. ini pengalaman gw siih… sampai sekarang gw msh berobat di Eka Hospital BSD.

  10. dila says:

    iya fan…sedih banget denger berita tentang tante lonny :-( dila dah masuk RS 3 kali,gara2 kekurangan kalium.ampe sekarang msh kambuh2an,walopun dah tes lab macem2 buat cari tau apa penyebabnya.dan skr harus slalu stok obat kalium di rmh.

  11. ila says:

    Sy belum lama dirawat slama 4 hari, sy fikir gejala typus ternyata salah satu diagnosa nya kurang kalium, betul skali trasa Lemes bdnnya, sy slama hidup ga suka buah dan sayur, stlh dirawatpun sminggu terjadi bercak2 merah gatal ky alergi, apa mungkn efek dr infus cairannya?? Tlg share info y

  12. Thank’s gan infonya penting amat..

  13. Mimy says:

    makasi ya infonya

  14. permata says:

    makasih min,,,sangat bermanfaat…pantesan ane ngantukan mulu n lemes ternyata kurang kalium ya karena suka makanan yg bercitarasa sin…jd butuh kalium byk…pdhl jarang bgt makan pisang atau kelapa muda…

  15. yogastyo says:

    Berobat juga percuma non hehe… Pernah masuk RS sehari dokternya bingung, bilang ane kurang gizi (Padahal kalo makan spt orang kalap wkwk). Sore datang RS ga bisa gerak (cuma mata doang yg aktif liat suster2 nya di UGD :D); eh paginya udah bisa jalan (maklum, dapet infus 6 botol semalem). Buat info aja, 1 kali dalam sebulan rutin dapet hipokalium (kaya xxxx aja wkwk).
    Cara paling mudah buat hipokalium normal sebenernya:
    1. Makan pisang tiap hari minimal 3.
    2. Minum air kelapa minimal 1 kali/minggu
    3. Rajin olahraga max 15 menit untuk awalan, selanjutnya terserah.
    4. Habis olahraga DILARANG KERAS DUDUK !!!! Pendinginan dengan setrika jalan saja (Bolak-balik ga jelas gpp :D)
    5. Jangan tidur terlalu lama. (Maks 6-8 jam)

    Sayang nya info diatas tidak bermanfaat karena trigger untuk hipokalium ane adalah DINGIN. Ada info ga niy soal hipokalium dengan pemicu udara dingin? Siapa tau agan agan ato jeng jeng di sini ada yang kena hipokalim ketika dingin.
    Don’t waste your life. Maklum, ane udah pernah ngrasain kalium cm 1,85. Buat info tambahan + revisi posting nona manis aja, kadar hipokalim <2 rata-rata tinjau akhirat).

    • nah..ini ada yang udah pernah ngerasain penyakitnya…terima kasih sudah berbagi..saia bukan orang yang ngerti tentang penyakit ini atau gimana…cuma terispirasi temen yang meninggal terus cari tau bongkar-bongkar di internet tentang penyakit ini..izin copas ya dimasukin ke postingannya.. :D

  16. addinnoor55 says:

    yang kena kekurangan kalium : minum pocari sweet, makan pisang ijo, minum air kelapa muda hijau, sedia obat/vit. KSR dirumah bila terasa ada ganngguan kesehatannya/badan sakit2.

  17. rena says:

    aq jg ada penyakit hipokalemia, sekedar info, aq dsaranin dokter makan pisang n minum pocari sweat. tp klo lg kambuh, pergelangan kaki ku gak bs dtekuk, krna otot srf kurang berfungsi. yg penting jgn cape n stres, nurut apa kt dokter n ttp brdoa, mdhn bs mengurangi beban pnykt. tks

  18. narsan says:

    thanks udah ngasih infox,,,,,istri gw udah 5 tahun keluar rumah sakit karena kekurangan kalium

  19. maitus solicha says:

    saya pernah kehilangan seorang adik gara2 penyakit itu,…waktu itu penyakit kekurangan kalium msh blm setenar sekarang jadi pengobatannya pun hanya bs di rujuk ke RSCM,
    mengalami sakit tepat setahun,Allah mengurangi penderitaannya…adikku berpulang di usia 17 tahun tepat sehari setelah melaksanakan ujian negara…
    dalam satu hari dia diwajibkan minum pocari sweat 4-8 kaleng dan baginya itu cukup membosankan,yg lebih menyedihkan adalah perjuangannya untuk berangkat ke sekolah ketika penyakit itu datang,dia harus digendong dan di tidurkan di meja belajarnya…
    penyakit kalium boleh menggerogoti jiwanya tapi tidak untuk semangatnya,

    NANDA RANI KARTICHA namanya dan dia telah berpulang 9 tahun yang lalu…
    namun kami tetap mengingatnya sebagai sosok adik yang tak pernah mengeluh dan berputus asa…

    saya berharap tidak ada lagi yang meninggal karena penyakit itu,karena untuk merasakan sakitnya saja sudah teramat luar biasa…

  20. rudy says:

    untuk agan yogastyo yang katanya kena hipokalium dingin..
    kata dingin ente dapetnya dari mana gan?
    kalo emank iya obat mujarab nya adlah seduh jahe aja..dmnum 2x sehari…*panas kalo 1hari 1x jadi ga bagus..
    dan ampe skrg sich hipokalium emank kata kasarnya kurang gizi alias ga pernah makan buah..

    coba pegang perut ente panas ga? kalo masalah panas dingin bisa dari usus kecil agan..

    kalo ane uda pasti hipokalium..

    gejala yang ane alami sendiri badan lemas”
    sampai pingggang ane ngilu tiap hari *seperti orang yang terkena urat saraf terjepit..
    dari sumber pasti ane dapetin jawaban kalo ane terkena hipokalium
    dianjurkan tiap hari makan buah
    1. pisang
    2. apel
    3. melon

    dan tidak boleh dalam keadaan dingin..panjang ceritanya kalo masalah dingin..

    CMIIW just share..
    kalo mao nnya” bole email kok..jadi sama” share:)

  21. csparkyu says:

    Wahh, infonya benar2 membantu (y)
    Kebetulan saya emang orang yang punya krisis kalium berkepanjangan :D
    Dan itu juga boleh taunya pas cek darah, dimana ketahuan kalau HB saya cuman 8, tekanan darah 90/70, plus krisis kalium parah :/
    Trims buat infonya :)

  22. ical says:

    makaseeeeh….sangat memberi pencerahan buat saya..

  23. wulan,sukiyana says:

    tepatnya tgl 25 november 2013 kemarin anakku meninggal karena penyakit ini,,sudah 6x masuk rmh sakit,,anakku msh umur 6bln.apa mungkin gara-gara dia nggak mndapat asi dari aku krna ASI ku memang tdk keluar sama sekali.nah berhubung dia juga belum dpt diksh makan secara umur dia msh 6bln,, awal gejala dia kelihatan sakit pda umur 4bln.,badannya nggak bisa gemuk,lemes,.

  24. piggyboy says:

    nice info…

    sy juga terkena hipokalium,skrg masih di rs sejak kamis. pas hari itu masuk igd, kadar kalium saya di cek 2,0 akhirnya di rawat inap. sebelum di bawa ke igd, badan tangan dan kakinrasanya kaku semua seperti kram. berdiri pun lemas, seperti org kena stroke. jari2 tangan lemas semua tidak ada tenaga. tangan dan kali pegal2, seperti habis lompat kodok dan push up 1000x

    selama si rawat inap, saya minum air kelapa 2 liter dan pisang 5 buah sehari dan di banyu infus+obat2an

    skrg sudah 2,5 kadar kalium nya.

  25. aura says:

    bulan juni tgl 25 2013 yang lalu mama ku masuk rumah sakit. difonis kekurangan kalium. dan meninggal setelah 5 hari di rumah sakit . parahnya dokter sangat lambat mengetahui penyakit kekurangan kalium ini. sehingga penanganannya pun jadi terlambat. sampai menyebab. kehilangan nyawa seseorang. thnks bngt atas infonya semoga bermanfaat

  26. asepR says:

    Hallo sob..slm knal sy mo brbgi pngalaman bt yg punya pnykit hypokalemia bt jg2 dlm keadaan darurat supaya menyediakan obat calcium sandoz calsource forte insyAllah manjur. Trims..

  27. Mira Mursyidah says:

    Saya pernah kalium smpe 1,5, ,,cuma bisa lirik kanan kiri plus ngomong,,saya pengen normal kaya dulu,tp mkn pisang sama air kelapa ijo ttp g berhasil juga. Sekarang hanya bisa meminimalisir aja,tp mudah2an tetep sehat dech. Makasih ya buat infonya

  28. ilarachmawaty says:

    apakah kekurangan kalium pada anak merupakan penyakit yang dibawa sejak lahir?

  29. Felmy Umbunan says:

    MamaQu korban kelebihan kalium menyebabkan menurunnya keseimbangan tubuh dikarenakan ketika tekanan darah naik..dan itu diketahui ketika mamaQu masuk RS ternyata tidak baik mengkomsumsi banyak pisang yang sudah kelebihan masak…karena disitu bnyk mengandung kalium…dan saat ini mamaQu tidak diizinkan dr untuk mengkomsumsi pisang & jeruk..Semoga MamaQu cpt sembuh dan plg ke rumah…Trimz infonya.

  30. fitria says:

    hahahahahahahahahahaha aq juga pernah ngalamin sobat semua semoga gk dtg lagi dech tuch penyakit pola makan nya djaga n jangan lupa makan makanan yg mengandung kalium n sedia obat KSR

  31. mede says:

    penyakit ini memang jarang dan pengobatannya blm dpt maksimal. gw baru tahu kena kurang kalium beberapa tahun yang lalu. gejala awal yang gw alamin, sering banget kram dan kesemutan di telapak tangan dan kaki. sampai akhirnya ngaa bs bergerak seluruh badan dan dirawat beberapa hari di rs, makan pisang minimal enam kali sehari.
    memang penyakit ini ngaa bs dianggap sepele karena salah satu penyebab stroke. well jangan kesehatan memang ngaa mudah walaupun sudah makan sesuai asupan yang seharusnya.

  32. yeni says:

    Aq 4 hr ada d rmah skit jg gara2 kekurangan kalium,gak lgi2 deh,,,,mksih atas tulisannya,krna aq sm skali ap itu kalium hingga aq ngerasain sndri.

  33. AgungW says:

    Trims infonya gan dan aganwati
    Izin share juga, ane juga punya penyakit seperti ini, seminggu yg lalu masuk UGD karena kesemutan dan kram sampai lumpuh, cuma mata aja yg bisa bergerak. Setelah diperiksa dokter dibilang kurang kalium, disarankan banyak makan pisang.
    Setahun yg lalu juga pernah kambuh (usia 25 sudah pernah kambuh 4x, kambuh pertama umur 17) dibawa ke UGD di Bintaro, dokter bilang, untung dibawanya cepat, kalau2 telat setengah jam lg bisa lewat nyawa ane
    Semoga yg punya penyakit kurang kalium kayak gini ga kambuh2 lagi, amin

    • moh.yahya says:

      Anak saya th 2010 mulai terkena hypokalemia…(kurang kalium …kemarin tgl -30 4 -2014 kaliumnya …1,3 ..dirawat 7 hari…(infus di tambahin kalium disamping konsumsi pisang…biar ga berulang gimana yach….

      • moh.yahya says:

        Usia anak saya sekarang 15 Tahun …ditahun 2010 awal masuk..rumah sakit .di ruang intermediate.

Leave a Reply

