Posts Tagged ‘kekurangan kalium’

Tulisan ini dimunculkan ke permukaan jagad raya ini gara-gara dapet berita dari temen semalem. Ada cewe umur 20 tahun yang meninggal gara-gara penyakit kekurangan kalium :(. Nah loh,apaan itu ya?Aku juga baru googling pagi ini buat cari tau siapa sih si Kalium itu?kok tega banget ampe bisa bikin orang meninggal, kenal juga kagak. Bak pepatah “Tak kenal maka tak sayang”, mending kita kenalan,biar si Kalium ini sayang,xixixi.. :D

Well,Kalium aka Potassium yang dalam ilmu kimia punya lambang K dan nomor atom 19 ini,
- merupakan mineral penting yang membantu ginjal berfungsi fisiologis
- elektrolit yang berperan sebagai listrik tubuh bersama dengan natrium, klorida dan magnesium
- berperan penting menjaga fungsi jantung, otot rangka dan kontraksi otot polos untuk fungsi pencernaan dan geraknya menjadi baik

Terlalu banyak kalium dalam tubuh dinamakan hiperkalemia, terlalu sedikit kalium tubuh disebut hipokalemia. Keseimbangan kalium tubuh dipengaruhi imbang natrium dan magnesium plasma. Misal kebanyakan natrium pada diet orang barat yang banyak konsumsi garam akan berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan kalium tubuh

Kadar kalium dalam darah orang normal 3,5-5 mEq/liter. Olahragawan membutuhkan asupan kalium lebih banyak karena banyak mengeluarkan keringat. Pengguna obat pencahar juga butuh asupan kalium lebih untuk menggantikan kalium yang keluar akibat proses diuretik. Sebaliknya, orang yang mempunyai penyakit diabetes dan gagal ginjal disarankan tidak mengasup kalium terlalu banyak. Ini karena tubuh mereka tidak dapat lagi secara normal memetabolisme mineral ini.

Ginjal juga mengeluarkan banyak kalium pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar kayu manis atau mengunyah tembakau. Kalium bisa hilang lewat air kemih karena beberapa alasan. Yang paling sering adalah akibat penggunaan obat diuretik yang menyebabkan ginjal membuang natrium, air, dan kalium dalam jumlah berlebihan.

Apa akibatnya kalo tubuh kita kekurangan Kalium?
Orang yang kekurangan potasium lebih berisiko terkena penyakit hipertensi, yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan stroke.
- Jika kadar kalium dibawah 3,0. Kerjanya tidur terus dan tampak damai.
- Jika kadar kalium dibawah 2,5. Sadar tetapi kondisi tubuh lemas dan malas.
- Jika kadar kalium dibawah 2,0. Kelihatan seperti gejala stroke ringan.
- Jika kadar kalium sudah sangat rendah bisa menyebabkan kematian.

Dimana kita bisa menemukan si Kalium ini?
Kalium ternyata banyak terdapat pada Kelapa Hijau dan Pisang. Dua buah ini memang terkenal banget dengan kegunaannya yang banyaaaaaak sekali. Gak nyangka diberi anugerah lagi dari Tuhan buat nyimpen ini Kalium yang banyak di dalamnya. Tapi masih banyak makanan lain juga yang mengandung Kalium,bisa dilihat disini

Semoga tulisan yang sedikit ini bisa membantu,setidaknya nambah-nambah pengetahuan.Yang baca jangan lupa tinggalin jejak yah.. :D

sumber :
sumber 1
sumber 2

tambahan dari agan yogastyo (copas dari commentnya :D)

Berobat juga percuma non hehe… Pernah masuk RS sehari dokternya bingung, bilang ane kurang gizi (Padahal kalo makan spt orang kalap wkwk). Sore datang RS ga bisa gerak (cuma mata doang yg aktif liat suster2 nya di UGD :D ); eh paginya udah bisa jalan (maklum, dapet infus 6 botol semalem). Buat info aja, 1 kali dalam sebulan rutin dapet hipokalium (kaya xxxx aja wkwk).
Cara paling mudah buat hipokalium normal sebenernya:
1. Makan pisang tiap hari minimal 3.
2. Minum air kelapa minimal 1 kali/minggu
3. Rajin olahraga max 15 menit untuk awalan, selanjutnya terserah.
4. Habis olahraga DILARANG KERAS DUDUK !!!! Pendinginan dengan setrika jalan saja (Bolak-balik ga jelas gpp :D )
5. Jangan tidur terlalu lama. (Maks 6-8 jam)

Sayang nya info diatas tidak bermanfaat karena trigger untuk hipokalium ane adalah DINGIN. Ada info ga niy soal hipokalium dengan pemicu udara dingin? Siapa tau agan agan ato jeng jeng di sini ada yang kena hipokalim ketika dingin.
Don’t waste your life. Maklum, ane udah pernah ngrasain kalium cm 1,85. Buat info tambahan + revisi posting nona manis aja, kadar hipokalim <2 rata-rata tinjau akhirat).

Terima kasih telah berbagi, semoga bermanfaat buat orang2 yang baca.. :D