Micro SD

Posted: May 26, 2015 in Teknologi
Tags:

Postingan hari ini agak ketinggalan jaman sedikit, berhubung tadi pagi liat tablet yang udah mulai kehilangan kepercayaan dirinya dalam menyimpan data-data game yang ku punya. Padahal kebanyakan game itu besar datanya cuma puluhan megabyte. Mungkin aplikasi tabletnya kebanyakan, jadinya pada di hapuslah itu game2. Kan kasian…

Mulailah iseng browsing cari storage data a.k.a memory card dengan kapasitas yang lebih besar. Yang sekarang kapasitasnya 16 Gb, jadi niatnya tadinya mau diganti jadi 32 Gb. Dipikir2 udah lumayan itu buat nampung game2 kecil lagi, lumayan lah buat dimaenin ape bosen. Memory card untuk tablet ini bentuknya micro SD, begitu dicari, ternyata muncul beberapa pilihan jenis micro SD-nya.

images

Micro SD adalah (bahasa udah kayak buku2 keren gimana gitu :D) memory card yang ukurannya lebih kecil (10 x 15 mm) dibandingkan pendahulunya yaitu SD card (24 x 34 mm) dan mini SD (20 x 21,5 mm). SD sendiri itu kependekan dari Secure Digital. Jadi si micro SD ini fungsinya sama aja sama pendahulunya, cuma bentuknya lebih kecil dan kapasitas penyimpanannya lebih besar.

Ternyata micro SD sendiri udah mengalami kemajuan juga. Dari yang awalnya micro SD cuma punya kapasitas maksimal 2 Gb, sekarang udah ada yang namanya micro SDHC (secure digital-high capacity) dengan kapasitas 4 -32 Gb, kemudian muncul micro SDXC (secure digital-extended capacity) yang konon bisa punya kapasitas penyimpanan sampai 2 Tb, walaupun saat ini kapasitas terbesar (hasil browsing saat postingan ini diluncurkan) adalah 64 Gb.

Jadi, kesimpulannya adalah, kalo berniat mengganti memory card di gadget kalian, pastikan dulu jenis dan spesifikasi memory card di gadgetnya. Kalau berniat untuk mengupgrade, misalnya pengen langsung pake micro SDXC, pastikan gadgetnya support dengan tipe micro SD tersebut. Kan nggak lucu kalau udah mahal2 beli malah nggak bisa di pake.

Tengkyu udah sempat iseng baca dan mampir ke blog ini. Maap kalo postingannya iseng dan ngga asik. Jangan bosan yaa… :D

Sumber:

Sumber 1 dan Sumber 2

Mulai Sering Nge-blog Lagi

Posted: April 8, 2015 in Uncategorized

Aku sedang pengen cerita banyak, tapi ngga punya temen yang bisa ngedengerin aku ngoceh panjang. Teman dan “teman” ku semuanya sedang sibuk. Aku kesepian? iya. Tapi abang itu bilang aku harus bisa mengatasi masalahku sendiri, apalagi cuman urusan kesepian aja, jangan terlalu bergantung sama orang lain katanya. Hari ini aku berusaha menghilangkan kesepian dengan pergi ke tempat yang aku suka..tapi pilihannya salah, jadilah aku ngabisin budget yang seharusnya untuk 5 hari jadi 1 hari saja..tepatnya beberapa jam saja. Sekarang aku pengen cerita di blog aja. Ngga ada yang dengerin, tapi cukup buat melampiaskan emosi (positif dan negatif) jadi otakku bisa tetap sehat. Maaf buat yang subscribe blogku yaa..kalian ngga perlu baca kok..wkwkwk.. :D

Hari ini dimulai dengan bangun pagi, sempat nonton serial 1 episode, trus beres2 sebelum ngantor. Semuanya lengkap, sampe akhirnya pas nungguin Kopaja 86 langganan, ternyata udah mepet jam presensi di kantor (buat yang belom update, aku udah mulai ngantor sejak akhir Desember). Hari ini kurang beruntung, 15 menit nunggu baru nongol si Kopajanya, mau ngga mau naik walaupun penuh soalnya mikirin tunjangan kerja yang bakal dipotong kalo presensinya telat, heu :D

Malang tak dapat ditolak (asek kali bahasanya), saking penuhnya si Kopaja aku jadi bediri pas di depan pintu bagian depan Kopaja, pegangan besi doang, ngga bisa masuk ke dalem lagi karena yang di dalem udah mepet2nya. Tiba2 ada penumpang yang mau turun dari keramaian desak2an itu. Biasalah namanya Kopaja kan bisa berenti dimana aja, ngga harus di halte (ntah emang ngga ada aturannya atau Kopajanya emang bandel) tiba2 tanganku kejepit, dijepit pake ti*itnya bapak2 dan dia ngga berusaha mindahin ti*itnya dari tanganku :( :( :(

Aku shock tapi ngga bisa ngomong apa2. Kayak kediam gitu aja udah. Ngga lama sih kejadiannya paling cuman 3 atau 4 detik tapi sedihnya seharian. Pas turun aku ingat2 kejadiannya, kalo tadi aku marah, pasti respon bapaknya adalah dengan bilang dia kedorong dan itu rame banget, terus kalo aku tadi lepas tanganku kemungkinan besar aku jatoh karena ngga ada pegangan laen.

Udah cerita yang itu sampe situ aja. Aku ngga mau lebay kali ceritanya karena cerita kekgitu aja pasti orang nganggapnya udah lebay (walaupun ini belom tentu ada yang baca) :D

Terus sampe kantor sarapan bla bla bla akhirnya dapet ruangan juga (fyi selama ngantor di Jekardah ini aku ruangannya pindah2 sesuai ketersediaan ruangannya..jadi agak sedikit terlantar lah kadang2 kalo lagi ngga dapet ruangan). Charger laptop ketinggalan (saking nyantainya tadi pagi jadi kelupaan), terus agak siangan meluncurlah aku ke salah satu toko buku di salah satu mall di jakarta pusat. Niatnya cuma nyari novel yang serinya udah ngga ada lagi di toko buku yang laen, jadi direkomendasikan ke sana, trus makan siang, abis itu langsung ke kosan jemput charger lapotop yang ketinggalan. Eh, pas udah di jalan malah kelupaan bawa kunci kamar kosan. Ya sama aja boong. Akhirnya ngga jadi pulang ke kos jemput charger, maen doang di mall trus beli makanan buat stok di kosan trus balik ngantor.

Hikmah cerita hari ini:

1. Sebelom berangkat ngantor pastikan semuanya udah masuk tas.

2. Berangkat lebih pagi biar naek Kopajanya ngga padat kayak tadi, mending terlambat daripada digituin lagi.

#cerpen

Posted: January 23, 2015 in Uncategorized

Aku sedang diam ketika dia merengkuh pundakku dan mendekatkanku ke dadanya yg bidang. Aku tersenyum dalam hati. Biasanya dia hanya akan bilang ‘ngambek ya?’ lalu kembali tenggelam dengan game di hpnya. Kali ini tidak…dan ini yg aku butuhkan. Tak perlu bertanya aku kenapa,cukup genggam tanganku atau rengkuh tubuhku..apapun selain dy dan hpnya yang tak pernah bisa kusela.

 

to be continue….

Assalamualaikuuuuummm…

Lama absen..selalu saja begitu kalo buat nge-blog. Banyak ide berseliweran kalo tengah malam, tapi apa daya tangan ini terlalu malas untuk sekedar buka laptop trus ketik-ketik yang sebenarnya kadang bermanfaat untuk di share…hehe :D

Anyway, malam ini mumpung cuaca hati sedang bagus-bagusnya, walaupun tadi sempat hampir demam cuman beruntung nemu obat jadinya demamnya batal,haha… :D Jadi tadi scrolling di time line twitter ada sesuatu yang menarik dan bermanfaat (kebetulan), jadi malam ini mau aku share.

Tau lactose intolerance ? Kalo diterjemahin ke bahasa gampangnya itu “alergi produk yang mengandung susu”. Alergi susu kan cuma buat anak-anak? Ternyata jawabannya adalah orang dewasa pun bisa terkena yang namanya alergi ini. Aku jadi seperti menemukan oase di gurun pasir..wkwkwk..secara aku juga alergi susu, sering diare kalo udah minum susu :D

Baiklah, jadi Swagerty DL Jr, Walling AD, Klein RM dari University of Kansas School of Medicine melakukan penelitian mengenai lactose intolerance. Peneliti ini mengatakan bahwa “persons with lactose intolerance are unable to digest significant amounts of lactose because of a genetically inadequate amount of the enzyme lactase”. Yang kalo diartikan kira-kira, orang dengan lactose intolerance tidak dapat mencerna sejumlah besar laktosa karena enzim laktase dalam tubuhnya tidak memadai.

Trus, laktosa itu siapa sih?buat apa tubuh kita butuh laktosa?

Laktosa itu adalah komposisi gula yang ada dalam susu, bersifat disakarida yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Mumet ya bacanya?heu :D Gini aja, intinya laktosa itu cuma ada dalam susu yang diproduksi oleh mamalia setelah melahirkan, jadi bukan cuma ASI, susu sapi dan mamalia lain juga mengandung laktosa, tapi dengan kadar yang berbeda. Nah, si laktosa ini fungsinya menyediakan energi bagi tubuh trus juga si laktosa ini membantu enyerapan kalsium, which is bermanfaat bagi tubuh kita.

Trus, enzim laktase itu apa?kenapa kalo tubuh kita kekurangan enzim ini, kita bisa terkena lactose intolerance?

Jadi, menurut Wahyu Widodo dari Universitas Muhammadiyah Malang, enzim laktase adalah enzim yang bertugas untuk menguraikan gula laktosa menjadi gula-gula yang lebih sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa. Kenapa harus diurai?karena glukosa dan galaktosa merupakan monosakarida yang dapat dicerna dan diserap oleh usus untuk proses metabolisme. Ketiadaan enzim laktase inilah yang menyebabkan terjadinya lactose intolerance yang biasanya berupa gejala diare, murus-murus, atau mual beberapa saat setelah minum susu.

Nah, gimana caranya biar kita tetap memiliki cukup kalsium dan enzim laktase?apa yang harus kita lakukan?

Caranya bisa bermacam-macam, misalnya:

1. Mencoba mengonsumsi susu secara bertahap agar tubuh dapat beradaptasi untuk perlahan menerima laktosa. Konsumsi makanan yang mengandung susu pada saat makan siang atau makan malam, karena lemak dari menu makanan dapat memperlambat metabolisme lambung sehingga enzim laktase dalam usus halus membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah laktosa.

2. Kita bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Susu kedelai kaya akan kalsium dan zat besi namun tidak mengandung laktase jadi aman dikonsumsi penderita alergi susu.

3. Konsumsi keju dan yoghurt sebagai pengganti susu. Meski yoghurt mengandung laktosa dan berbahan dasar susu namun penderita alergi susu dapat mentolerir laktosa pada yoghurt, karena bakteri baik pada yoghurt mampu meningkatkan jumlah enzim laktase. Yoghurt memperlambat pengosongan lambung sehingga memperlambat metabolisme laktosa.

Gimana teman-teman?ada yang lactose intolerance juga kayak aku?sepertinya cara di atas layak dicoba. Kalo teman-teman punya pengalaman yang sama dan punya solusi, boleh di share di comment. Tengkyu udah sempetin baca blogku, semoga bermanfaat yaa :D

Sumber:

Sumber 1, Sumber 2, Sumber 3

Car Free Day Solo

Posted: May 25, 2014 in Just Share

Hari ini sarapan ke cfd lagi…rutinitas beberapa bulan terakhir setiap hari minggu..gara-garanya disana ada yang jual lontong padang yang satu2nya bisa kuakses selama di Solo (yang laen blom pernah nemu soalnya)..Anyway, sekilas tentang cfd di Solo..Cfd di Solo diselenggarakan di sepanjang jalan Slamet Riyadi which is jalan protokol sepanjang sekitar 10 km mulai jam 05.00 sampe jam 09.00. Tujuan awalnya adalah memfasilitasi orang yang pengen olah raga. Banyak kegiatan yang bisa dilakuin disini, mulai dari joging atau sekedar jalan santai bersama sesama manusia atau spesies lain, sepedaan, ping pong, atau kayak aku yang sekedar nyari sarapan.

Ngomong2 soal spesies lain, disini juga banyak orang yang ngajak jalan hewan peliharaannya, mostly anjing, tapi sering juga komunitas reptil show off disana. Bagian yang paling menyenangkan menurutku, refreshing sambil ngeliat anjing2 atau ular2 lucu. Kayak hari ini, ada dua phyton lucu tadi, sayang ga punya gadget mumpuni buat ngambil gambar, jadinya ga ada fotonya deh.

Kalo beneran mau olah raga, sebaiknya dateng pagi, jam 5 sampe jam 7, kalo diatas itu udah padat banget, banyak orang yang menuh-menuhin jalan doang soalnya. Sisi positif lain dari tempat ini adalah sering dipake buat kampanye sama komunitas-komunitas yang ada di Solo. Hari ini ngeliat kampanye anti rokok, mereka bawa sejenis asbak gitu trus keliling buat nyari orang yang ngerokok dan ngajak mereka berhenti, setidaknya ngga ngerokok di cfd. Trus yang dari dulu ga kesampaian pengen belajar bahasa isyarat, baru tadi liat ada komunitasnya. Mungkin nanti bisa belajar, semoga.

Trus sisi negatif dari cfd ini adalah apalagi kalo bukan orang-orang yang buang sampah sembarangan. Karena cd rame jadi ajang promosi bukan hanya komunitas tapi juga swasta yang nyari konsumen disana dengan bagi-bagiin brosur, kalo tadi itu yang dibagiin mulai dari produk makanan, promo rumah makan baru, promo gadget murah, seminar psikologi dan ntah apa lagi. Yang jelas kalo aku tiap kesana sebisa mungkin ngga nerima brosurnya, karena ujung-ujungnya pasti aku buang. Haha.. :D

Udah ah, ntar kapan-kapan cerita lagi, mau beresin skripsi dulu (gayaaaa….haha) :D

Kalo mau ikutan aku tiap minggu pagi jam 7 hampir selalu hadir di lesehan lontong padang satu-satunya di cfd. See ya :D

Lama ngga nulis…bahasa jadi kaku..jadi hari ini mulai pengen nulis lagi walaupun nantinya cuma nge-junk aja (as usual sih)…kali ini pengen ngomongin malam..ntah kenapa tiba2 kepikiran pengen nulis soal ini..gpp yaa… :)

Akhir-akhir ini sedang “terikat” ama malam…malam menjadi satu2nya yang paling menenangkan, hingga munculnya mentari malah mengisyaratkan tubuh untuk istirahat..mungkin orang bilang penyakit,insomnia atau apalah…tapi aku “menikmati” malam..saat tak ada yang mengganggu..hanya aku dan malam…

Udah lama aku ngga ngomongin bulan dan bintang…aku memang tertarik sama dua anugrah yang cahayanya indah ini..sampai akhirnya aku sadar…mereka hanya terlihat sementara…yang selalu setia hanyalah malam..gelap memang, tapi bukankah kita bisa melihat sinar bulan karena gelapnya malam? kegelapan yang selalu dianggap buruk dan tak pernah diharapkan..

Malam….dia hanya terlalu indah untuk dilukiskan..dan aku hanya seseorang yang mengaguminya..terima kasih Tuhan yang telah memberikan aku malam yang indah…yang ntah sampai kapan bisa aku nikmati….ah,aku jatuh cinta pada malam….

Mungkin setelah ini aku akan terus2an ngomongin malam…semoga kalian ngga bosan…. :)

Aside  —  Posted: April 16, 2014 in Just Share

Penelitian

Posted: October 7, 2013 in Just Share

Satu kata, yang dalam beberapa waktu terakhir rasanya merenggut kebahagiaan. Berlebihan mungkin, tapi untuk seorang lulusan teknik komputer yang lari-larian belajar akuntansi, aku merasa seluruh pikiran dan tenaga terkuras untuk urusan yang satu ini. Mulai dari mencari topik yang akan diteliti, mengumpulkan jurnal-jurnal akuntansi yang harus dibaca satu persatu demi bisa mentransfer sedikit ilmu para peneliti-peneliti super itu ke dalam otakku, mencari referensi buku-buku dengan bahasa Inggris baku yang butuh bantuan mbah google untuk mengerti apa maksudnya. Aku capek, tapi  aku dibayar untuk berada disini. Beban memang, semua harus dijalani, tapi tak apa kan kalau aku menulis isi pikiranku saat ini?mungkin terdengar mengeluh, tapi aku harus meluapkannya. Disaat begini aku selalu rindu papa, sedikit pelukan mungkin bisa banyak membantu.