Buat yang pernah di tilang

Posted: October 13, 2010 in Just Share

Pernah ditilang polisi??tanpa basa basi nulis2 trus ngasi tau bahwa kita harus membayar beberapa puluh ampe ratusan ribu??
Aku pernah dikasi tau 2 pasal tentang lalu lintas (bukan sebenarnya)

1. Pasal 101
2. Pasal 501

Apa artinya??Neh penjelasannya…
Pasal 101 berarti kita haris ngeluarin 1 lembar uang seratus ribuan….wkwkwkπŸ˜›
Gitu juga ama pasal 501, artinya kita harus ngeluarin 1 lembar uang lima puluh ribuan….

Blm kalo petugasnya nyebutin angka laen yg lebih gede….beughhh…bete gila….

Nah….Mau tau cara nyiasatinnya…
Minta aja surat tilang ama bapak2 petugas itu…
Ada dua jenis surat tilang…

SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan Dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat. Itupun di pengadilan nanti masih banyak calo, antrian panjang, dan oknum pengadilan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang. Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang dititipkan di kejaksaan setempat, disini pun banyak calo dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang.

SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda. Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening tertentu (kalo gak salah no. rek Bank BUMN). Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk di tukar dengan SIM/STNK kita di kapolsek terdekat dimana kita ditilang.

You know what!? Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya tidak melebihi 50ribu! dan dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA.

Nahhh…gampang kan??kalo ditilang,tinggal minta yang warna biru, jangan mau dikasi yang warna merah…gak pake nunggu 2 minggu untuk sidang, tinggal bayar pake ATM, udah, tinggal minta SIM atau STNK kita yang ditahan petugasnya….Its easy right??

Semoga berguna……..πŸ˜€

Comments
  1. Bobby says:

    emang ck pernah ditilang??? hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s