Hamster

Posted: December 5, 2011 in Uncategorized

Pagi semuanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa….😀

Pagi yang  cerah untuk jiwa yang cerah, haha, bapake belom pulang sih, katanya baru pulang siang ini, jadi bahagianya masi kerasa banget ampe pagi ini…xixixi… *maaf ya pak..😀

 Anyway, berhubung semalam keinget si bb yang lagi galau karena hammy nya gak hamil2, aq jadi googling2 buat ngemudahin si bb buat ngeliat gendernya tuh hammy, takutnya malah se gender ya wajar kalo gak hamil2, haha…sekalian bikinin tutorial lengkap soal hamster biar dianya gak bingung lagi..*demi ni yeeee..wkwkwk… :p

Kita mulai dengan apa itu hamster? menurut sumber yang berasal dari wikipedia, hamster adalah jenis hewan pengerat yang ternyata bukan warga Indonesia asli (gak tau tuh apa mereka punya izin tinggal di Indonesia, atau jangan2 pendatang gelap, wkwkwk.. :D) Habitat hamster sebenar dan sesungguhnya yaitu di utara terletak dari Eropa tengah sampai Siberia, Mongolia, dan Tiongkok utara.

Tapi ya sudahlah, setidaknya kan mereka gak perlu susah2 cari makan, gak takut predator, ada yang peluk2 lagi..haha..😀 Sekarang kita bahas soal jenis2 hamster yang biasa dipelihara orang2 di Indonesia.ai Korea. Habitat hamster di selatan membentang dari Suriah sampai Pakistan. Mereka hidup di perbatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi, bukit di kaki gunung dan dataran rendah yang bersemak-semak dan berbatu, sungai di lembah, dan padang rumput yang luas, beberapa juga tinggal di ladang tanam. Hmmmm, lebih sepertinya mereka lebih asik kalo gak bersama kita, liat aja tempat maennya luas gitu, kalo dipelihara manusia paling banter cuma dapet kontainer atau akuarium, hehe..😀

1. Hamster Syrian

 Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang (long hair). Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya. Terus, hamster jenis ini panjangnya 15-20 cm jika sudah dewasa,  dengan umur 2 – 2,5 tahun kalo hamster ini dirawat dengan baik, masa kehamilan hamster ini sekitar 15 – 18 hari. Hmmm, apa lagi ya? Hamster ini butuh biaya sedikit lebih banyak dari hamster2 lain, kan badannya gede, jadi makannya lebih banyak, trus kandangnya pasti lebih gede juga dari yang lain, soalnya kalo nggak kan dianya jadi susah gerak, ntar malah nabrak2..wkwkwk…😀

2. Hamster Campbell

 Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 – 12 cm, dengan variasi warna dan tipe bulu yang banyak, jadi kalo mau pelihara jenis ini bisa banyak pilihannya (warna-warni dong ya..) hamster yang agak susah dijinakkan. Hamster ini mengenali lingkungan sekitarnya dengan menggigit kecil, jadi wajar kalo hamster jenis ini sering menggigit jari kita. Walau demikian, jika sering dipegang, hamster ini tidak akan menggigit lagi😀

Hamster ini memiliki masa kehamilan 20-22 hari, dan mereka sangat produktif di tahun pertama (bisa panen nih, haha).

3. Hamster Roborovsky

Kalo yang ini hamster yang paling digemari karena ukurannya yang paling kecil dan mukanya yang paling berbeda dibanding hamster lain. Kumisnya banyak, lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif. Tapi, susah dipegang karena biasanya mereka melompat kalo ada di tangan manusia, juga terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman, sifatnya juga terlalu penakut. Panjang hamster ini cuma sekitar 2-4 cm, paling banter 7 cm. Masa kehamilannya 23-30 hari dan masa hidupnya 2-3 tahun. Hamster yang paling tidak cocok untuk anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara binatang.

4. Hamster White Winter

   Penampilannya mirip ama Campbell, cuma lebih pendek, panjangnya sekitar 7-9 cm, dengan masa hidup 1,5-2 tahun dan masa kehamilan 18-23 hari. Hamster ini termasuk jenis paling jinak diantara hamster2 lain, tapi kadang malah cenderung pemalas. Hamster ini bisa berubah warna jadi putih kalo diletakkan di tempat yang suhunya dingin, kalo di kembalikan ke ruangan dengan suhu normal, maka warnanya akan kembali seperti semula.

Oke, itu tadi jenis2 hamsternya, nah..berhubung banyak yang gak tau bahwa hamster itu punya jenis kelamin..ya iyalah, sama aja kayak kucing, anjing, sapi, dan teman2nya, ada jantan dan betina. Cara mebedakan mana hamster jantan dan mana hamster betina itu cukup mudah, caranya adalah balikkan badan mereka, perbedaannya terletak pada jarak antara anus dan kemaluan.

Gampang kan? Hamster jantan memiliki jarak anus dan kemaluan yang berjauhan, sedangkan pada hamster betina, jaraknya berdekatan, kadang malah kelihatan seperti cuma ada satu.

Sekarang kita bahas soal perawatan hamster2 lucu ini, apa aja sih yang harus kita lakukan setelah kita membeli hamster? Dikutip dari web hamstermall.com, ini saran saat pertama kali tamu kecil ini sampai di rumah kita.

  • Biarkan dia beradaptasi dengan rumah barunya selama 1 hari.
  • Esoknya, beri dia snack dari luar kandangnya. biarkan dia tau bahwa “orang asing” yang telah membawanya pulang, bukanlah sesuatu yang perlu. ditakuti
  • Beberapa hari sesudahnya, kita coba memasukkan tangan ke dalam kandangnya, remaslah serbuk kayu sebelum memasukkan tangan ke dalam kandang.
  • Masukkan tangan perlahan kedalam kandang hamster. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi : menggigit kecil (tanda mengidentifikasi benda2 asing yang masuk ke dalam wilayahnya), menggigit kencang (tanda menyerang untuk melindungi diri), menjerit (tanda dia ketakutan) atau dia mengendus tangan kamu.
  • Cara memegang hamster yang benar adalah dengan gerakan yang pelan (tidak tiba-tiba) mendekatkan tangan dengan posisi menyendok di depan arah mukanya. Jika kamu sudah mendapatkan hatinya, dia akan menghampiri & naik ke telapak tanganmu.
  • Hamster tidak suka terlalu lama dibelai. cukup 15 menit saja. namun sering. Dia lebih suka berlarian bebas disekitarmu (kamu bisa memakai Play Ball agar hamster kamu tidak hilang).
  • Hamster merasa tidak nyaman saat bermain denganmu jika dia : pipis & poop ditanganmu atau mengeluarkan makanan dari pipi mereka. Tandanya mereka ingin kembali ke kandang.
Nah, sekarang soal kandang dan makanannya.
Kandang yang baik untuk hamster itu berukuran minimal 35×40 cm untuk seekor hamster, boleh menggunakan kontainer, akuarium atau kandang khusus hamster. Tempat tidur yang baik untuk hamster adalah serbuk kayu halus (banyak di jual di petshop), perlu diingat bahwa kita nggak bole
h sembarangan soal serbuk kayu ini, serbuk kayu yang kasar bisa bikin bulu2 hamster rusak, malah kalo kena kulit bisa luka2😦
Contoh penyiapan kandang yang baik

Sekarang soal makanan, buat memenuhin nutrisi hamster, kita bisa membuat makanan racikan alami, home made, selain lebi sehat dan lebih murah. Ada pun komposisi nya, antara lain :
1. havermuts/quaker oats = 30 %
2. biji jagung = 5 %
3. beras merah = 5 %
4. kedelai = 10 %
5. sun flower seed = 5 %
6. kacang tanah = 5 %
7. millet = 10 %
8. dedek halus = 25 %
9. kacang hijau = 5 %
Komposisinya gak mutlak, karena gak semua hamster suka makanan2 tersebut, yang paling disukai hamster adalah biji bunga matahari alias kuaci, tapi justru nggak boleh diberikan terlalu banyak karena menyebabkan hamster obesitas dan penyakit lainnya, sperti jantung dan kemandulan. Boleh juga diberi bengkoang atau kecambah, tapi hanya 1-2 kali seminggu, karena takutnya hamster bisa diare akut, atau bahkan bisa mati.  Kadang kalo hamsternya lemas, boleh dikasi vitamin (bentuknya gel) atau campur madu murni ke dalam botol minumnya, lalu dia akan segar kembali..😀
Soal reproduksi (lagi2 di kutip dari hamstermall.com)
  • Hamster akan melakukan pembuahan pada umur yang berbeda tergantung pada variannya. Hamster jantan akan selalu melakukan pembuahan setiap saat, namun hamster betina memasuki masa subur setiap 3 hari sekali. Jika kamu menemukan si betina marah kepada si jantan, ini menandakan dia belum memasuki masa subur & menolak dikawini.
  • Ciri-ciri hamster yang hamil adalah perut yang membuncit, badan hamster berbentuk seperti buah pear, besar dibagian pinggang kebawah, puting susu mulai terlihat.
  • Tingkah lakunya (beberapa) agresif, apabila mendekati masa melahirkan.
  • Makan & minum lebih banyak dari biasanya.
  • Lebih banyak bermalas-malasan.
  • Isolasi ibu hamster yang terlihat sudah hamil besar di kandang sendiri. Alasi dengan sedikit serbuk kayu. Pindahkan semua barang selain botol minum (seperti wheel & tempat makan atau mainan lain) Hal ini bertujuan agar si ibu bisa fokus menyusui bayi-bayinya, juga mencegah si bayi terjepit barang-barang tersebut. Taruh kandang ditempat yang jarang dilewati manusia & tenang.
  • Beri tambahan makanan misalnya daun katuk, kecambah, potongan tahu, rebusan putih telur, jelly susu strawberry khusus hamster, jika perlu campurkan 3 tetes madu murni tanpa rasa tambahan kedalam minumannya.
  • Jangan bersihkan kandang hamster yang melahirkan selama minimal 2 minggu. Meskipun baunya menyengat parah.
  • Jangan sekalipun memegang bayi hamster sebelum dipisah.  Hal ini bisa menyebabkan bau tangan kita menempel di badan si bayi dan menimbulkan adanya kemungkinan si bayi akan di makan si induk.
  • Anak hamster baru boleh dipisah setelah umur 3 minggu atau lebih, setelah mereka mampu makan biji-bijian sendiri. Untuk hamster roborovskii, bayi bisa dipisah setelah umur 1 bulan.
Semoga tulisan ini bisa mencerahkan jiwa2 yang galau seperti bb..xixixi..(piss b)..Saran dan kritik diharapkan biar aku bisa nulis lebih baik (aslinya nggak bisa nulis sama sekali :”>)
R.I.P My Lovely T.T
Sumber :


Comments
  1. restinchaos says:

    wah, siapa bilang saya galau ???
    ngarang nihhh , wwwooooo :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s