Earth Hour

Posted: March 13, 2013 in Just Share
Tags: , , ,

As I promise, mumpung lagi mood, dan mumpung masih fresh, malem ini aq mau nulis lagi. Judulnya familiar nggak sih? nggak yah?oke deh aku ceritain dikit.

Earth hour adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya. (copas dari http://earthhour.wwf.or.id).

Sebenarnya bukan itu aja sih tujuannya, kampanye ini juga ngajak masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Nah, malam ini aku mau bahas soal ramah linkungannya dulu. Pernah denger kumpulan sampah di Samudera Pasifik dan Atlantik?pernah kepikiran nggak kenapa sampahnya bisa segitu luar biasanya? Awalnya sampah-sampah itu ada di daratan, terus kebawa air hujan sampe ke lautan. Sampah yang belum terurai itu sedikit-demi sedikit akhirnya menjadi bukit, eh bukan bukit lagi ya, benua sampah.

Kira-kira gini deh penguraian sampah itu berlangsung :

  1. Kertas, lama penguraian 6 bulan
  2. Kulit buah, lama penguraian 6 bulan
  3. Kardus/karton, terurai 5 bulan
  4. Filter rokok, terurai 10-12 tahun
  5. Kantong plastic, 10-12 tahun
  6. Benda-benda kulit, 25-40 tahun
  7. Kain nilon, 30-40 tahun
  8. Jaring ikan, 30-40 tahun
  9. Alumunium, 80-100 tahun
  10. Baterai bekas, 100 tahun
  11. Plastik, 50-80 tahun
  12. Batu baterai, 100 tahun
  13. Botol kaca, perlu 1 juta tahun untuk hancur tanpa bekas
  14. Botol plastic, tidak dapat diperkirakan waktu hancurnya
  15. Styrofoam, tidak dapat hancur

sampah

pacific-garbage-patch

Jeng…jeng…jeng…ternyata sampah-sampah itu udah umum banget yah buat kita sehari-hari. Bayangin deh kalo suatu saat dunia ketutup sampah semua kayak di film Wall-e. (Naudzubillah)

Terus apa yang bisa kita lakuin setidaknya biar benua sampah itu nggak semakin meluas?masa harus hidup tanpa plastik?tanpa kaleng? Nggak, nggak segitunya juga, nggak usah muluk-muluk banget sih, yang sederhana aja, yang gampang dilakuin sehari-hari aja.

Contohnya gini, based on pengalaman pribadi aja sih.

  1. Bawa botol minuman sebagai pengganti air botol kemasan.  Ada dua keungan dari kita bawa botol minuman sendiri, selain ngurangin konsumsi botol plastik, juga lebih sehat dan hemat. Apalagi buat anak kosan seperti saia.😀
  2. Bawa tas belanja sendiri kalo ke pasar atau supermarket. Yang ini berguna banget buat aku yang suka bolak balik pasar atau supermarket gara-gara kelupaan beli barang yang harusnya dibeli. Tapi kalo belanjanya nggak banyak, aku biasa masukin ke tas kuliah aja.

Untuk sekarang, aku baru bisa ngelakuin dua hal itu buat setidaknya ngurangin konsumsi plastik untuk diriku sendiri, rencananya setelah ini pengen ngurangin konsumsi styrofoam, soalnya aku suka beli makanan yang dibungkus buat dibawa pulang dan kebanyakan mereka pake styrofoam. Mungkin bawa kotak makanan bisa jadi solusi.

Sementara baru segini, sebenarnya pengen cerita panjang lebar, tapi takut kalian pada bosen bacanya. Semoga nggak dianggap pamer atau sok-sokan cinta lingkungan atau apalah. Cuma pengen berbagi aja kok. Lain kali aku cerita soal hemat energi yah. Gud Nite all….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s