Postingan ini harusnya udah ku publish dari taon kemaren, karena isinya berhubungan ama jalan-jalanku ke Belitung Island taon kemaren sebelom tugas belajar ke Solo. Tapi kali ini aku nggak mau ngomongin serunya jalan-jalan disana, ntar aku bikinin postingan laen aja soal jalan-jalannya. Nah, sekarang sesuai judul, aku mau bahas soal penangkaran penyu di sini. Ada dua tempat penangkaran penyu di pulau ini, sebenarnya tempatnya bukan di Pulau Belitungnya, tapi nyebrang ke pulau mini yang namanya Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang.

     Awalnya aku sendiri nggak tau bahwa disini ada tempat penangkaran penyu, baru tau waktu masuk trus ngeliat ada tempat khusus yang disediain untuk menetaskan telur penyu (maaf nggak tau istilahnya). Menurut penjaga mercusuar yg berprofesi juga sebagai pemburu telur penyu serta perawat penyu ini, telur-telur itu mereka dapat dari pantai Pulau Lengkuas serta pulau-pulau lain disekitar pulau tersebut. Kupikir baik sekali penjaga mercusuar itu peduli tentang keberlangsungan hidup penyu-penyu disekitar pulau ini, tapi ternyata nggak bener-bener amat. Penjaga mercusuar ini memang mencari telur untuk mereka tetaskan, tapi untuk tujuan komersil. Telur-telur yang didapat nggak semuanya ditetaskan, yang ditetaskan hanya setengahnya, sedangkan setengahnya lagi untuk konsumsi. Ternyata mereka tidak terlalu paham soal penyu yang mulai langka, dan aku nggak men-judge mereka soal itu. Penyu-penyu lucu yang lahir ke dunia selanjutnya diletakkan di sebuah kolam kecil. Penyu-penyu ini akan ditawarkan kepada pengunjung yang datang seharga Rp15.000/ekor untuk dilepas di pantai. Saat itu dompetku ketinggalan dan cuma ngantongin uang sedikit jadi aku cuma beli 5 ekor untuk dilepas. Aku upload beberapa foto Pulau Lengkuas sama penangkaran penyunya. Mungkin penangkaran bukan istilah yang tepat, menurutku lebih cocoknya sejenis pet shop x ya..xixixi…

Untuk menuju ke pulau-pulau tersebut kita harus menggunakan perahu nelayan dengan sewa 400k per kapal

Untuk menuju ke pulau-pulau tersebut kita harus menggunakan perahu nelayan dengan sewa 400k per kapal

Penampakan Pulau Lengkuas tempat penangkaran penyu

Penampakan Pulau Lengkuas tempat penangkaran penyu

IMAG1027 IMAG1034

IMAG1029

IMAG1053

IMAG1051

     Setelah dari Pulau Lengkuas, perjalanan dilanjutkan ke beberapa pulau kecil lain yang nggak akan saya bahas disini,hehe. Lalu sampailah di Pulau Kepayang, disini juga ada penangkaran penyu, menurutku, tempatnya nggak lebih baik dari Pulau Lengkuas, hanya saja disini pengelolanya nggak ngejual penyu kayak di Pulau Lengkuas, tetapi lebih dijadikan objek wisata pulau ini aja. Di sini usia penyunya beragam, dari yang baru netas sampe yang tahunan jadi udah agak besar, ntah kenapa nggak dilepas. Yang bikin miris itu, ketika kolam-kolam penyu ini didekati, mereka berbondong-bondong ke pinggir, seperti ikan kalo mau dikasi makan, rebutan, aku ambil kesimpulan sendiri, kalo penyu-penyu ini kekurangan makanan. Mungkin pengelolanya nggak mampu ngasi makanan cukup untuk mereka, nah loh, kenapa nggak dilepas aja ya kan? Berikut penampakan-penampakan penangkaran penyu di pulau Kepayang ini.

IMAG1072

IMAG1074

IMAG1083

IMAG1084

IMAG1076

IMAG1077

IMAG1082

IMAG1081

     Sekian postingan mengenai penyu malam ini, maaf kalo kualitas dan teknik pengambilan gambar dan videonya kurang bagus, maklum saya hanya penikmat keindahan alam,bukan fotografer,xixixi… Terima Kasih sudah mampir.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s