Fatamorgana

Posted: May 17, 2013 in Uncategorized

Mungkin pada nebak-nebak isi blogku  kali ini,heheh…itu judul novel bikinan seorang temen (kalau dia udah nganggep temen sih,hehe😀 ) Hari ini aku baca novelnya, dan janji mau bikin reviewnya. Dan berhubung malam ini (lagi2) aku blom bisa tidur, dan udah terlalu malam buat gangguin abang-abang cakep (awas pada ngerasa) yang suka aku chat malem2, jadi mungkin aku bikin aja reviewnya malam ini. Setidaknya aku ngelakuin sesuatu yang berguna malam ini setelah seharian cuma tidur dan makan karena kondisi badanku kurang fit plus alergi yang bikin pengen garuk2 muka terus. But thanks God, malem ini udah seger lagi, pun mukanya masi gatel (yah mungkin emang harus ketemu dokter lagi).

Anyway, setelah curcol2 ngga jelas diatas yang harusnya ku edit dan kuhilangkan, hehe..Aku suka nulis apa yang ada dipikiranku tanpa ku edit, jadi biarlah ya, skip aja bacanya kalo kira2 ngga enak dibaca😀 . Then I will introduce you my friend, penulis novel ini, namanya Nurul Amin. Aku kenal dulu waktu masi di Babel, kenalnya di facebook, dia suka backpakeran dan naik gunung, makanya ngobrol jadi seru. Mungkin terlihat aneh atau beberapa orang nganggap ini suatu hal yang “murahan” kenapa aku mau temenan sama orang yang awalnya dari facebook. Well, i dont care, selama tujuannya baik, darimanapun kamu bisa dapet temen (menurutku loh ya). Jadilah waktu aku kuliah di Solo ini, udah beberapa kali ketemu ini anak dan ngobrol bareng. Tengil, mungkin gitu penggambaran awal waktu ngeliatnya. Makanya aku asik2 aja bahkan pertama kali ketemu juga.

Amin (nama panggilannya) selain hobbinya naek gunung, juga pernah ngonthel jogja-sumbawa-jogja, juga pernah naek vespa dari jogja-jambi-jogja. Sesuatu yang menurutku “wow” untuk seorang mahasiswa tingkat akhir jurusan Teknik Lingkungan ini. Mungkin kalau kalian kenal orang ini juga bakal sependapat denganku,,wkwkwk (ampun Min :D)

So, ini novel pertamanya, judulnya sesuai dengan judul blog ini “Fatamorgana”, isinya tentang pendakian Amin dan empat orang temennya ke puncak Mahameru bulan Desember tahun 2012. Mungkin kalian udah pernah nonton filmnya atau udah baca novel 5cm? jadi udah liat kan gimana indahnya puncak Mahameru? Aku dong ampe sekarang masi mupeng banget pengen kesana, tapi fisiknya kayaknya belom sanggup buat kesana,haha…

Novel ini secara keseluruhan menurutku isinya cukup bagus untuk seorang penulis pemula, tapi ngga bisa dipungkiri karena novel ini diterbitkan sendiri oleh Amin, jadi masih perlu beberapa perbaikan. Ngga apa2 ya Min aku komentari, buat perbaikan ke depan juga kan?🙂

Aku ingat kata-katanya waktu kemaren kami maen ke Gramed di Malioboro Mall Jogja. “Pasti bahagia kali rasanya kalo tulisan kita dicari orang, dipampang disini. Suatu saat tulisanku juga akan ada disini, dan dicari orang. Ngga kebayang gimana bahagianya”. Dan aku otomatis mengaminkan kata2nya😀

Kekurangan buku ini yang pertama itu sama kayak novel kebanyakan, masalah tata penulisan kata dan banyak typo. Aku bilang banyak karena lebih dari jumlah jari yang aku punya,hehe. Tata penulisan katanya kurang baik di bab2 awal, bahasa resmi dan santai kegabung disatu percakapan yang jadinya kurang indah dibaca. Tapi mulai bagian Ranupani- Ranu Kumbolo, bahasanya mulai bagus, jadi lebih enak bacanya.

Yang kedua, di novel ini ada semacam footnote buat ngejelasin kata2 yang mungkin awam bagi pembaca, tapi banyak kata2 yang harusnya diperjelas di footnote malah ngga ada, dan kata2 yang orang awam tau malah dijelasin lagi,hehe..😀

Terus ada beberapa bagian cerita yang bikin bingung karena tiba2 muncul, misalnya ada bagian yang bilang “Agra itu anak Tungkal”. Nah..muncul pertanyaan Tungkal itu dimana?tapi ngga diceritain,hehe. Trus cerita saudarinya mbak Winda, yang tiba2 muncul dicerita dan menawar harga angkot, dan beberapa cerita lainnya. Mungkin beberapa bagian yang Amin lupa kalo itu tiba2 muncul🙂

Ada juga nama “Fitri” yang muncul, padahal sebelum2nya Amin manggilnya “Rotua”. Awalnya aku bingung itu siapa, baru ngeh setelah inget nama lengkap yang dimaksud “Fitri Rotua”. Dari namanya udah ketauan kalo dia cewe, dan di dalam novel ini perannya menonjol setelah Amin sendiri tentunya. Cerita2 tentang mbak Rotua ini bikin aku pengen ketemu orangnya langsung. Sepertinya orang ini menarik, dan mungkin setipe denganku “kurang feminin”, heheh😀

Yang terakhir mengenai penggambaran lokasi di novel ini. Aku kurang bisa membayangkan gimana indahnya Ranu Kumbolo, Kalimati, Puncak Mahameru dan lain2nya karena penggambarannya di novel ini menurutku kurang. Mungkin boleh deh Min lebih di detail lagi, biar yang baca juga bisa bayangin mereka ada disana, jadi kayak yang aku bilang kemaren, pembaca bisa ngerasa masuk ke novelnya.🙂

Aku suka epilognya dan aku baru tau bahwa pembuatan film 5cm ternyata malah ngerusak alam disana. Semoga suatu saat aku juga bisa ikut mendaki, pengen liat hamparan lavender yang luas kayak yang diceritain di novel ini😀

Btw, buat yang penasaran sama orangnya, silahkan maen2 ke facebooknya Nurul Amin. Dia juga udah bikin novel baru lagi, tapi aku blom baca…

bentuk Novelnya kira2 begini

bentuk Novelnya kira2 begini

557336_4235812212780_703809664_n

ini dia tokoh yang diceritain di novelnya😀

Ini dia penulisnya :D

Ini dia penulisnya😀

Comments
  1. […] Review : Review Novel Fatamorgana Lihat Video pendakian dan Sinopsis Visual : Novel Fatamorgana Slide […]

  2. Nurul Amin says:

    Weeeee kagak ada yang komen😛
    Gangguin ahhhhh ….

  3. cicak says:

    iya bner yg di review….
    tp asyik bacanya kok……
    sayang aj kmarin dpat yg blum editing akhir….

  4. cmiph says:

    Reblogged this on Chelonia Mydas Indie and commented:
    Sisca Mudyastuti adalah teman terbaik. Dia telah mereview dua buku yang kita terbitkan. Silahkan berkenalan dengan perempuan yang juga seorang traveler muda ini.🙂

    Reviewnya kali ini tentang Novel Fatamorgana. Buku pertama yang diterbitkan oleh Label Indie CMIPH.

Leave a Reply

