Micro SD

Posted: May 26, 2015 in Teknologi
Tags:

Postingan hari ini agak ketinggalan jaman sedikit, berhubung tadi pagi liat tablet yang udah mulai kehilangan kepercayaan dirinya dalam menyimpan data-data game yang ku punya. Padahal kebanyakan game itu besar datanya cuma puluhan megabyte. Mungkin aplikasi tabletnya kebanyakan, jadinya pada di hapuslah itu game2. Kan kasian…

Mulailah iseng browsing cari storage data a.k.a memory card dengan kapasitas yang lebih besar. Yang sekarang kapasitasnya 16 Gb, jadi niatnya tadinya mau diganti jadi 32 Gb. Dipikir2 udah lumayan itu buat nampung game2 kecil lagi, lumayan lah buat dimaenin ape bosen. Memory card untuk tablet ini bentuknya micro SD, begitu dicari, ternyata muncul beberapa pilihan jenis micro SD-nya.

images

Micro SD adalah (bahasa udah kayak buku2 keren gimana gitu :D) memory card yang ukurannya lebih kecil (10 x 15 mm) dibandingkan pendahulunya yaitu SD card (24 x 34 mm) dan mini SD (20 x 21,5 mm). SD sendiri itu kependekan dari Secure Digital. Jadi si micro SD ini fungsinya sama aja sama pendahulunya, cuma bentuknya lebih kecil dan kapasitas penyimpanannya lebih besar.

Ternyata micro SD sendiri udah mengalami kemajuan juga. Dari yang awalnya micro SD cuma punya kapasitas maksimal 2 Gb, sekarang udah ada yang namanya micro SDHC (secure digital-high capacity) dengan kapasitas 4 -32 Gb, kemudian muncul micro SDXC (secure digital-extended capacity) yang konon bisa punya kapasitas penyimpanan sampai 2 Tb, walaupun saat ini kapasitas terbesar (hasil browsing saat postingan ini diluncurkan) adalah 64 Gb.

Jadi, kesimpulannya adalah, kalo berniat mengganti memory card di gadget kalian, pastikan dulu jenis dan spesifikasi memory card di gadgetnya. Kalau berniat untuk mengupgrade, misalnya pengen langsung pake micro SDXC, pastikan gadgetnya support dengan tipe micro SD tersebut. Kan nggak lucu kalau udah mahal2 beli malah nggak bisa di pake.

Tengkyu udah sempat iseng baca dan mampir ke blog ini. Maap kalo postingannya iseng dan ngga asik. Jangan bosan yaa…😀

Sumber:

Sumber 1 dan Sumber 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s